Sabtu, 18 Desember 2010

Taklukkan Singa Dalam Shalat

Taklukkan Singa Dalam Shalat
Ini sebuah kisah tentang sahabat Rasulullah SAW yang menaklukkan singa dalam shalatnya.

Para syuhadak zaman dahulu tidak hanya ahli dalam perang, namun juga khusyuk dalam beribadah.
Salah satunya adalah sahabat Amru bi Atbah.
Saking khusyuknya ia dalam shalat, sehingga seekor singa buas pun tunduk kepadanya.

Peperangan antara pasukan Islam dan pasukan kafir Quraisy kerap terjadi dalam waktu berhari-hari sehingga menghabiskan banyak tenaga.
Tidak seperti malam biasanya, malam itu tidak ada satu orang pasukan yang ditunjuk untuk berjaga mengantisipasi datngany musuh.
Mereka semua tertidur karena kecapekan.

Di tengah malam, Amru bin Atbah yang menjadi bagian dari pasukan itu terbangun dari tidurnya.
Seperti malam-malam biasanya, ia langsung mengambil air wudhu dari sungai yang tak jauh dari lokasi peristirahatannya.

Ia menuju tempat yang sepi dan melakukan shalat dengan pelepah daun sebagai alasnya.
Pada saat bersamaan, ada seorang pasukan yang terbangun dan mengamati apa yang dilakukan oleh Amru ini.
Ia melihat Amru shalat dengan begitu khusyuk, nyamuk pun tidak menjadi penghalang dalam melaksanakan shalat ini.

Tiba-tiba terdengar suara auman singa dengan sangat keras.
Begitu kerasnya sehingga membuat pasukan yang tidur menjadi terbangun.
Mereka lantas berlarian karena takut menjadi mangsa singa hutan itu.

Akan tetapi tidak bagi Amru.
Ia tak beranjak sedikit pun dari tempat sujudnya.
Mulutnya senantiasa melafalkan kalimat Allah tanpa merasa khawatir sedikit pun terhadap keselamatan jiwanya.

Karomah Allah
Singa buas itu pun mendekat ke arah Amru.
Sejenak ia mengelilingi Amru yang tetap pada ibadahnya.
Kemudian setelah selesai shalat dan mengucapkan salam, Amru menoleh ke arah singa tersebut.

"Wahai hewan liar carilah rezekimu di tempat lain." kata Amru meyuruh pergi.
Seolah mengerti bahasa manusia, singa itu pun pergi dan mengaum hingga terdengar sampai ke puncak pegunungan.
Sementara Amru masih melanjutkan shalatnya hingga waktu fajar.

Ketika singa itu pergi meninggalkannya, barulah pasukan Islam yang lain kembali ke tempat semula.
Mereka begitu terheran-heran melihat karomah yang dimiliki Amru.
Seorang di antara mereka menanyakan sesuatu kepada Amru.

"Tidakkah engkau merasa takut pada singa saat engkau sedang shalat tadi?" tanyanya.
"Sungguh saya merasa malu kepada Allah SWT jika saya takut kepada selain-Nya." begitu ucap Amru.

Wallahu A'lam....

52 komentar:

  1. Assalamu'alaikum kang Abu...

    Sebuah kisah nyata sebagai i'tibar bagi kita agar lebih mendekat kepaNya karena Dia lah penunduk segala makhluk.

    Cerita bagus di akhir pekan. Met berlibur nggeh Kang...

    BalasHapus
  2. pelajaran berharga bagi kita yg sholat agar tetap konsentrasi utk memperoleh kekusyu'an di dalamnya :)

    BalasHapus
  3. sepertinya kita perlu mencontoh beliau diatas dalam sholat kita sehari-hari.
    Makasih bozz

    BalasHapus
  4. pagi sobat, kisahnya sungguh menyejukkan hati. Susah jaman sekarang mencari figur seperti beliau dalam sholatnya..

    BalasHapus
  5. Kita patut mengambil makna dari cerita tersebut diatas , bahwa segala sesuatu permasalahan pasti ada jalan keluarnya...thank u banyak ceritanya sob

    BalasHapus
  6. salam sahabat
    sugeng enjang kang
    bagus lagi nich postingnya

    BalasHapus
  7. masya allah...begitu besar karomah yang di berikan kepada beliau

    BalasHapus
  8. waduh, kalo saya pasti udah lari tunggang langgang. ghehhe. sahabat nabi emang keren-keren. :)

    BalasHapus
  9. Belum bisa sholat khusuk seperti itu,semoga Allah memberi petunjuk ke jalan yang lurus!Amiin. Salam kenal , wassalam

    BalasHapus
  10. Belum bisa sholat khusuk seperti itu,semoga Allah memberi petunjuk ke jalan yang lurus!Amiin. Salam kenal , wassalam

    BalasHapus
  11. Cerita yang bagus teman, nice share. Abunawas emank top marktop dah

    BalasHapus
  12. KIsah yang sangat menyentuh hati kawan...
    makasih...
    banyak hikmah dari ceriata ini kawan...

    BalasHapus
  13. SubhanAllah.. benar2 cerita yang membawa hikmah.., "Karomah Allah" :-bd

    BalasHapus
  14. Subhanallah. cerita yang memberikan pelajaran banget.
    memang benar, kita tidak boleh terhadap apa dan siapapun keculali kepada Allah SWT.

    BalasHapus
  15. merinding pas baca dikalimat terakhir.. Subhanallah

    BalasHapus
  16. Sungguh cerita yang luar biasa sobat dan patut untuk dijadikan panutan bagi seluruh umat,terima kasih pencerahannya...:D

    BalasHapus
  17. yup,
    emank tidak ada yg perlu dtakutkan slain Allah

    BalasHapus
  18. kita tdk perlu taku kepada apapun kecuali Allah . ,

    nice post !!

    BalasHapus
  19. yap, kita cuma harus takut sama allah, xD

    BalasHapus
  20. cerita yang abgus sob,,
    sangat bermabfaat juga,,
    makash kawan

    BalasHapus
  21. seorang muslim bisa menaklukkan singa yang galak wah ini sangat bagus sekali sob..

    Dengan kedekatan dirinya kepada sang Maha Pencipta, akhirnya semuanya bisa teratasi.
    Karomah yang sangat luar biasa untuk dijadikan teladan buat kita.

    Karomah ini tidak akan di dapat oleh sembarang orang.
    Bukan orang biasa yang bisa melakukannya.
    Harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan sholat tahajud setiap malam.

    Orang yang sudah terbiasa melakukan sholat malam maka tiap harinya pastilah dia akan terbangun dengan sendirinya untuk bermunajat kepada Alloh SWT...

    Sukses selalu sob dan semoga sehat selalu

    BalasHapus
  22. Kisah yang sangat bagus aq menyukai cerita ini dan mrinding jdnya,,,,,

    BalasHapus
  23. Cerita yang sangat bagus sob ...

    BalasHapus
  24. WAAAAAAAH.SUBHANNALLLAAAAH SEKALI...ya ;))

    ALLAHU AKBAR

    BalasHapus
  25. Aq suka membacanya hingga 2 x lum bosan ....
    makasih n mat pagi!!!!

    BalasHapus
  26. menyapa Kang Abu di minggu pagi..
    Moga hari-harimu sll hepi

    BalasHapus
  27. waah.. gimna caranya biar shalat kita khusuk ?

    hhee..
    sayah saja sholatnya masih belang-belang..

    mudah-mudahan lah mbaca kya bginian bisa jadi inspirasi buat tambah rajin sholat ;)

    BalasHapus
  28. nice share good story...

    thanks for comment

    BalasHapus
  29. Kuhadir lagi membaca kisah di sini,,,,
    dan terbawa mimpi namun mengingatkan akan kewajibanku pada Ilahi .....

    BalasHapus
  30. wow,,makin menarik aja nih cerita2nya.

    BalasHapus
  31. yup, slalu membaca dg cermat ketika mampir :)

    BalasHapus
  32. Allahu Robbiyal 'ala. Sungguh, shalat seorang hamba yang tawaddlu. Saya nggak bisa berbuat seperti Amru bin Atbah. Maunya sih..pingin, tapi gak mampu...
    Makasih, Brooo...

    BalasHapus
  33. Subhanallah .... semoga bisa itba' shalat khusyu' seperti sahabat Amru, semoga semoga dan semoga ...

    Thank kang ,

    BalasHapus
  34. kisah yg mnggugah dan penuh hikmah sob..

    BalasHapus
  35. wah baca judulnya aja udah takjub sob...

    emang kekuasaan Allah tu gak ada tandingannya.

    BalasHapus
  36. mampir, menghilangkan kejenuhan dengan membaca cerita Abunawas disini...

    BalasHapus
  37. aku datang menyapa mu sob,maaf lama offline hee hee

    BalasHapus
  38. silatuturrahim pagi...
    Baca kisah yg menggetarkan hati sambil menunggu kudapan baru...

    BalasHapus
  39. Pagi yang mendung sembari sarapan Lontong Sayur, membaca Kisah Abu Nawas ini, menambah semangat untuk menjalani hidup bahwa memang betul sekali seperti yang dikisahkan di atas... Tidak ada yang perlu kita takutkan, yang ditakutkan adalah bagaimana jika kita diterkam singa dan meninggal sementara ibadah kita masih jauh dari kesempurnaan... Ampuni hamba ya Allah...

    BalasHapus
  40. salam sahabat
    berkunjung pagi kawan
    met beraktifitas aja ya

    BalasHapus
  41. kisah2 yg menyegarkan hati.di tunggu kisah selanjutnya pak

    BalasHapus
  42. Thank's atas sharingnya sob, mudah2xan bisa menjadi inspirasi buat kita semua

    BalasHapus
  43. jaman dulu banyak sekali tokoh2 yang punya karamah seperti amru...
    kalo sekarang gimana ya????

    BalasHapus
  44. subhanallah, sungguh tingkat keimanan yang luar biasa

    BalasHapus

No Spam, Please!!!
Tak Ada Moderasi, No Verification Word

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.