Hadiah Bagi Tebakan Jitu

Kisah Abu Nawas datang kembali kepada kalian di hari yang cerah ini. Kisah petualang Abu Nawas ini tetap saja ada untuk diceritakan kepada anak-anak kita kelak.

Apa kisah Abu Nawas hari ini?
Berikut kisahnya.

Pada suatu hari, Baginda Raja Harun Ar-Rasyid kelihatan murung sekali. Semua menterinya tidak ada yang sanggup menemukan jawaban dari dua pertanyaan Baginda.

Bahkan, para penasehat raja pun merasa tak mampu memberikan penjelasan yang memuaskan Baginda. Padahal Baginda sendiri ingin mengetahui jawaban yang sebenarnya.

Rasa Penasaran

Mungkin saja karena sangat penasaran, para penasehat Baginda menyarankan agar Abu Nawas saja yang memecahkan dua teka-teki yang membingungkan tersebut.

Abu Nawas segera dipanggil.
Tak begitu lama, Abu Nawas dihadapan ke Baginda Raja. Baginda mengatakan bahwa akhir-akhir ini ia sulit tidur karena diganggu oleh keingintahuan menyingkap dua rahasia alam.

"Tuanku, sebenarnya rahasia alam yang manakah yang Paduka maksudkan? "tanya Abu Nawas penasaran.
"Aku memanggilmu untuk menemukan jawaban dari dua teka-teki yang selama ini menggoda pikiranku, "kata Baginda.
"Bolehkan hamba mengetahui kedua teka-teki itu,wahai Baginda Raja? "tanya Abu Nawas.


Teka-Teki Alam

Perbincangan diantara keduanya berlanjut.
"Yang pertama, dimanakah sebenarnya batas jagat raya ciptaan Tuhan kita? "tanya Baginda.


Abu Nawas tanpa ragu mulai menjawab,
"Di dalam pikiran, wahai Paduka yang mulia."
"Tuanku ynang mulia, ketidakterbatasan itu ada karena adanya keterbatasan. Dan keterbatasan itu ditanamkan oleh Tuhan di dalam otak manusia. Dari situ, manusia tidak akan pernah tahu dimana batas jagat raya ini. Sesuatu yang terbatas tentu akan mampu mengukur sesuatu yang tidak terbatas."

Manakah yang Lebih Banyak

Baginda Raja mulai tersenyum dengan jawaban Abu Nawas karena merasa puas mendengarnya serta masuk akal. Kemudian Baginda melanjutkan teka-teki yang kedua..

"Wahai Abu Nawas, manakah yang lebih banyak jumlahnya, bintang-bintang di langit ataukah ikan-ikan di laut?" tanya Baginda.
"Ikan-ikan di laut, "jawab Abu Nawas dengan tegas.

"Bagaimana kamu langsung memutuskan begitu. Apakah Engkau pernah menghitung jumlahnya mereka? "tanya Baginda heran.

"Paduka yang mulia, bukankah kita semua tahu bahwa ikan-ikan itu setiap hari ditangkapi dalam jumlah yang besar. Namun begitu jumlah mereka tetap banyak seolah tidak pernah berkurang karena saking banyaknya. Sementara bintang-bintang itu tidak pernah rontok, jumlah mereka juga banyak, "kata Abu Nawas meyakinkan.

Seketika itu pula rasa penasaran yang selama ini menghantui Baginda Raja sirna tak berbekas. Kemudian Baginda Raja memberikan hadiah kepada Abu Nawas dan istrinya dengan uang yang cukup banyak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hadiah Bagi Tebakan Jitu"

Post a Comment