Cara Setan Menghilangkan Iman

Salam.
Kisah Cara Setan Menghilangkan Iman Seorang Muslim Kala Sakaratul Maut mungkin sudah banyak yang mengetahuinya.

Dalam Kitab Daqoiqul Akhbar dijelaskan bahwa setan akan menghilangkan iman seorang muslim saat sakaratul maut.
Setan datang dengan membawa air yang disebutnya dapat menghilangkan dahaga.
Namun bila air itu diminum, kala itu juga seorang muslim akan hilang imannya.
Nauzubillah Min Zalik..

Dalam sebuah hadits diceritakan,
"Sesungguhnya setan yang dilaknati Allah mendatangi dan duduk di atas kepala seorang hamba (yang sedang menghadapi sakaratul maut) dan berkata kepadanya, "Tinggalkanlah agama ini dan katakanlah Tuhan ada 2 agar engkau selamat dari kepayahan."


Ketika itu ada kekhawatiran dan ketakutan yang sangat besar, oleh karena itu tetaplah dirimu agar selalu menangis dan tadharru' (merendahkan diri) kepada Allah dan bangun pada tengah malam dengan memperbanyak ruku' dan sujud agar selamat dari siksa Allah SWT."

Pada suatu hari Imam Abu Hanifah pernah ditanya oleh seorang muslim.
"Apakah dosa yang paling besar dapat menghilangkan iman?" tanya muslim itu.
"Meninggalkan syukur atas iman, meninggalkan takut mati dan berbuat zalim terhadap sesama.
Maka orang yang dalam hatinya ada 3 sifat tersebut, biasanya ia keluar dari dunia sebagai orang kafir, kecuali orang yang mendapat keberuntungan," jawab Imam Abu Hanifah.

Rayuan Setan
Di dalam kitab Daqoiqul Akhbar itu disebutkan bahwa hal yang paling dirasakan semua orang adalah ketika saat sakaratul maut.
Rasa haus dan panas yang dialami saat jelang ajal menjemput itu membuat setan memainkan perannya untuk menghilangkan keimanan di hati umat Islam.

Saat itu setan datang dan membawa tempat air dari es dan menggerak-gerakkannya di depan orang yang sakaratul maut.
"Berilah aku air," kata orang mukmin yang lemah imannya.

Setan akan mengulur waktu untuk menjerumuskan orang tersebut dengan memberikan pernyataan yang bisa melenyapkan iman di hati.
"Katakanlah tidak ada yang menciptakan alam, maka engkau akan kuberi air," jawab setan itu.

Jika orang itu beruntung maka dia tidak menjawab.
Kemudian setan datang pada telapak kakinya dan menggerak-gerakkan tempat air.
"Katakanlah Rasulullah SAW pembohong maka engkau akan aku beri air," rayu setan lagi.

Jika orang itu celaka, dia akan menurutinya karena tidak sabar dalam kehausan dan dia akan keluar dari dunia sebagai orang kafir.
Namun jika orang itu beruntung, maka dia akan menolak permintaan setan dan dia memikirkan akibatnya.

Saat-saat Sakaratul Maut
Sebagaimana diceritakan Kisah Abu Zakaria Az-Zahid ketika menghadapi kematian, sahabatnya datang pada waktu dia sedang menghadapi sakaratul maut dan mengajarinya kalimat Thayyibah
"Laa ilaaha Illallaah Muhammadur Rasulullah."

Akan tetapi dia memalingkan wajahnya dan tidak mau mengucapkannya.
Maka diulangi untuk yang kedua kalinya, tapi dia tetap memalingkan mukanya dan tidak mau mengucapkannya.
Diulangi untuk ketiga kalinya dan Abu Zakaria berkata, "Aku tidak akan mengucapkannya."

Maka dia pun pingsan di depan teman-temannya.
Setelah Abu Zakaria sadar dari pingsannya yang sesaat dan merasa ringan, dia pun membuka matanya.
"Apakah engkau mengatakan sesuatu kepadaku?" tanya Abu Zakaria kepada teman-temannya.
"Ya, kami mengajarkanmu syahadat tiga kali dan engkau berpaling dua kali dan engkau berkata pada saat yang ketiga bahwa engkau tidak akan mengucapkannya."

"Astaghfirullah...Aku didatangi Iblis yang membawa tempat air dan duduk di kananku sambil merayuku, beruntung aku tidak mengikuti rayuannya shingga setan itu lari," jawab Abu Zakaria.

Tingkat keimanan seseorang sangat menentukan kala menghadapi sakaratul maut.
Detik-detik itulah saat yang menentukan apakah kita akan kuat iman atau sebaliknya kecuali orang yang beruntung.

Dari cerita, kisah di atas mari renungkan kembali tingkat keimanan kita selama ini.
Selalu berusaha untuk meningkan keimanan akan lebih baik daripada kemunduran iman.
Salam.

Subscribe to receive free email updates:

47 Responses to "Cara Setan Menghilangkan Iman"

  1. Syetan tak bakal datang jika orang tersebut sudah paham kalimat syahadat dan kenal betul siapa itu setan.

    slam kenal menempuh jaringan dunia maya referensi chenk rahman

    ReplyDelete
  2. setan emank kerjaan menggoda iman kita,,,,

    ReplyDelete
  3. .. Moga kita diselamatkan & tetap kuat iman di kala itu

    ReplyDelete
  4. tiap manusia pasti melewati momen tersebut, tinggal kekuatan iman kita yg benar-benar diuji.

    ReplyDelete
  5. Nice info...salam kenal ya..btw komen balik ya..!! he..

    ReplyDelete
  6. setan memang kerjanya menggoda sob..semoga kita dapat melawaan godaan setan..amin

    ReplyDelete
  7. setan memang begitu kerjanya...
    yang penting kita harus menambah keimanan kita....

    ReplyDelete
  8. Terus membaca dan tafakur, semoga iman kita terjaga dari kehancuran. Salam persahabatan sodara.

    ReplyDelete
  9. bisaan ya si setan, nggodain mulu. tau aja gue ganteng. gheehhe.

    ReplyDelete
  10. lagi2 Ilmu yang tidak ternilai harganya,,,thanks,,sdh berbagi,,

    ReplyDelete
  11. sedapat mungkin kita selalu menjaga ke_IMANAN kita,,,,

    ReplyDelete
  12. setan emang sesat.. kuatkan, tegarkan iman kita!

    ReplyDelete
  13. T.T
    jdi kita harus tetap takwa dan mencoba mlakukan sgala perbuatan kita krna Allah, agar hidup kita aman dunia akhirat :)

    ReplyDelete
  14. Kata Bang Rhoma... setan Pasti Kalah.. sama orang yg beriman... Semoga kita tidak sesat..amin

    ReplyDelete
  15. amiin buat kk tony,
    tpi smwa itu hrus dlandasi oleh hati dan pikiran kta sendiri :)

    ReplyDelete
  16. semoga kita diberi kekuatan ya untuk selalu berpegang teguh pada jalan Allah,,,kepada jalan yang diridhoi-Nya..Amin

    ReplyDelete
  17. NIce info...moga kita terhindar dari godaan setan yang terkutuk..amien

    ReplyDelete
  18. Setan ternyata tak henti hentinya mengoda manusia hingga saat sakaratul maut masih saja dia membujuk dan merayu agar manusia tsb menjadi ingkar terhada Allah SWT.

    Smoga kita semua disini senantiasa mendapatkan perlindungan NYA hingga akhir hayat.

    ReplyDelete
  19. moga2 kita trmasuk org2 yg dilindungi oleh allah akan bermacam godaan syetan pd saat sakaratul maut ya.. aamiin..

    ReplyDelete
  20. wah,,bener neh setan,,,,banyak cara yg bisa dilakukan untuk menjerumuskan manusia,,,,moga kita semua tdk termasuk didalammnya,,,

    ReplyDelete
  21. sangat bermanfaat, ilmu yg sangat tak ternilai terima kasih,,

    ReplyDelete
  22. pekerjaan syetan emnggoda mnusia tidak akan pernah berhenti sampai harikiamat

    semoga kitatidak tergoda

    ReplyDelete
  23. sangat fatal sekali akibatnya kalo kita tidak beruntung dan mengikuti rayuan syeitan,
    terima kasih pencerahannya, sangat bermanfaat sekali.
    Bali Villas Bali Villa

    ReplyDelete
  24. Iman...iman...saya jadi ingat teman saya Iman Syaukani, di mana dia sekarang?

    ReplyDelete
  25. Ya Allah jangan sampai Setan menggodaku sampai akhir maut menjemputku... Amin....

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum Kang Abu...

    Mengerikan jika akhir hayat harus tergoda syaiton.
    Semoga kita bisa Khusnul Khotimah. Amin..

    ReplyDelete
  27. ditunggu postingan selanjutnya kawan

    ReplyDelete
  28. wah seram sekali, saya takut mati tanpa iman.... krn itu kalo tidur saya ucapkan tahlil atau basmalah

    ReplyDelete
  29. wihhh serem nii kang.. :(
    moga kita terlindungi dari godaannya amien :)

    ReplyDelete
  30. YA Allah jauhilah aku dari godaan setan yang terkutuk..

    ReplyDelete
  31. Iblis dan anak keturunanya sudah berjanji kepada Allah Swt, untuk menggangu umat manusia sampai akhir jaman.
    Kota sebagai umat manusia tidak akan terlepas dari pitnah syetan, untuk menghindari fitnahnya kita harus selalu mendekatkan diri kepada sang maha Pencipta Allah Swt.

    ReplyDelete
  32. Semoga orang-orang tetap kuat dalam menghadapi rayuan setan ...

    ReplyDelete
  33. setan pergi sana,jgn dekat2 sm kwan2 ku yaaaa...?

    ReplyDelete
  34. setan adalah musuh manusia paling nyata,,,sudah takdir setan untuk menggoda iman manusia sampai akhir zaman,,,dan parahnya setan memiliki banyak cara untuk menggoda manusia,,,mari perkuat iman, supaya tidak terpedaya oleh setan,, :)

    ReplyDelete
  35. seklai kita tergoda, dan tidak kuat, maka habislah keiinginankita untuk kesurga.
    semoga Allah melindugi kita dari godaan syeitan yang terkutuk.

    ReplyDelete
  36. smoga kita semua dijauhi dari setan

    ReplyDelete
  37. kisah2 tentang setan itu mengerikan..

    ReplyDelete
  38. semoga gak terjadi sama GW deh atut

    ReplyDelete
  39. Doa kita semua agar dijauhkan dari godaan setan yang juga merangsek ke rayuan materi korupsi ;D

    ReplyDelete
  40. setan makin jauh dah.. ajib sob..


    aye tunggu di gerbang depan...

    ReplyDelete
  41. subhanallah ..
    manusia terus berjuang

    ReplyDelete