Senin, 29 November 2010

Kisah Malaikat Penjaga Laut

Sebuah Kisah Tentang Malaikat penjaga laut ini di publish karena aku menganggapnya kisah ini dapat memberikan tambahan keimanan akan adanya malaikat.
Sebagai bahan renungan, selain Kisah Abu Nawas ada baiknya ada renungan lain.

Malaikat Allah SWT jumlahnya sangat banyak.
Selain 10 malaikat yang sudah diketahui, ternyata masih banyak malaikat lainnya yang memiliki tugas masing-masing.
Salah satunya adalah malaikat penjaga laut.

Di dalam kitab Irsyadul Ibad dijelaskan bahwa ada seorang Nasrani Paderi yang bertobat dari agamanya (Nasrani).
Orang Nasrani ini memilih masuk Islam.
Keislamannya diawali ketika ia diilhami tentang kebenaran ajaran Islam, sehingga membuatnya bimbang dan ingin berpindah menganut agama Islam.

Karena begitu kuat dorongannya untuk memeluk Islam, akhirnya nasrani ini berangkat ke Makkah dan melakukan Thawaf mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali.
Setelah Thawaf berakhir, ia merasakan guncangan batin yang hebat.

Ia seolah merasakan kenikmatan beribadah daripada sebelumnya.
Karena kondisi puncak keimanan itulah akhirnya ia memutuskan melakukan pengembaraan mencari tempat yang sunyi.

Bertemu Malaikat Laut.
Setiap hari ia berjalan tanpa arah dan tujuan hingga ketika ia sampai di suatu tempat di pinggir laut, ia menghentikan langkahnya.
Saat itu waktu sudah gelap gulita.

Tiba-tiba terdengarlah gemuruh suara seperti suara hewan.
Suasana hatinya bercampur aduk antara takut, was-was dari ancaman binatang yang bisa tiap saat menerkamnya.

Karena itu orang Nasrani ini memutuskan untuk memanjat pohon yang besar.
Akan tetapi di atas pohon, ia tidak bisa tidur dan terlebih lagi pada saat terdengar suara binatang buas yang bersahutan.
Ketika suara itu semakin jelas, ia melihat di permukaan laut ada sebuah makhluk aneh yang sangat besar.
Dia adalah malaikat penjaga laut.

Wujud makhluk itu berkepala seperti burung kasuari tapi berwajah seperti manusia.
Badannya seperti unta yang memiliki punuk, ekornya seperti ikan.
Orang Nasrani itu menganggapnya aneh karena hanya muncul di permukaan laut saja.

Ia kemudian berteriak.
"Hai siapa itu?" begitu teriaknya.
"Wahai manusia, mengapa engkau tidak mengucapkan salam kepadaku?" tegur makhluk itu.

Akhirnya si Nasrani pun mengikuti apa yang diperintahkannya.
Saat ia turun dari pohon, ia terkejut melihat lebih dekat bentuk asli makhluk itu dan ia berniat untuk lari karena takut.
Tapi ia ditegur oleh malaikat itu.

Malaikat Laut Salah Satu Tentara Nabi Khidir a.s.
"Wahai manusia, mengapa engkau lari dariku?
Jika engkau lari niscaya engkau akan binasa," ucapa malaikat laut itu.

Maka berhentilah Nasrani tadi dan kemudian makhluk tersebut mulai memperkenalkan dirinya bahkan ia adalah seorang malaikat yang Allah SWT ciptakan untuk berdiam di atas permukaan laut.
Ia merupakan salah satu bala tentara Allah SWT.
Setiap hari ia selalu melantunkan tasbih.

Malaikat itu juga mengaku sebagai salah satu malaikat bala tentara Nabi Khidir a.s di Lautan.
Orang Nasrani itupercaya, terlebih lagi setelah mengalami peristiwa tersebut, keyakinannya bertambah kuat terhadap Islam.
Ia meyakini bahwa apayang dipegang selama ini (agama Nasrani) adalah keliru, dan Islam lah yang benar menurutnya.

Nabi Khidir a.s berkata,
"Barang siapa yang melantunkan tasbih malaikat tersebut, maka pahalanya seperti pahala makhluk tersebut berdzikir dari awal hingga akhir hayatnya."

41 komentar:

  1. Ijin copas mas :) artikelnya menarik

    BalasHapus
  2. @Fadlie:silahkan sob copas saja.

    BalasHapus
  3. wah, saya baru tau cerita malaikat ini. menarik. :)

    BalasHapus
  4. saya suka kata2 ini gan..
    "Barang siapa yang melantunkan tasbih malaikat tersebut, maka pahalanya seperti pahala makhluk tersebut berdzikir dari awal hingga akhir hayatnya."
    yang saya tanyakan,tasbih malaikat tersebut gimana ga,,?
    makasih...
    OYA,LINK KAWAN TELAH TERPASANG...LINKBACK YA..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunyinya :
      Mak mintak uang...........mak mintak uang.......mak mintak uang........

      Hapus
  5. salam sahabat
    senang berkunjung kesini selalu ada tulisan yang menarik untuk di baca

    BalasHapus
  6. apakah tasbih yg dilantunkan si Malaikat itu sama sob ama tasbih yg kita baca sehari2?

    Met pagi & selamat beraktifitas :)

    BalasHapus
  7. kisahnya sangat menarik.. Aku sukak

    BalasHapus
  8. kisah yang menarik sob..

    dan saya percaya kalau malaikat yang Allah ciptakan itu ada dimana-mana.. di laut ataupun di gunung.. atau dimanapun mereka selalu ada dan menyembah kepada Allah..

    oleh karena itu setiap berjalan di muka bumi hendaknya kita sebagai mahluk ciptaan Nya harus saling menghormati mahluk Nya yang lain.., misalnya saja dengan mengucapkan salam ketika memasuki wilayah tertentu..

    hanya saja saya tidak tahu apa yang dimaksud kitab Irsyadul Ibad, boleh minta penjelasan sob ??

    BalasHapus
  9. makin mantap ni ceritanya abunawas , tapi saya belum dapat ceritanya abunawas diperintahkan baginda raja untuk mencari 1000 orang buta dalam waktu yang singkat...!

    BalasHapus
  10. memang jumlah malaikat sangat banyak sekali, hanya Allah yang mengetahuinya...dan setiap malaikat diberi tugas dan tidak pernah mengingkarinya...

    BalasHapus
  11. Halah ini kapan2 saya copas deh.. bagus sekali sob..

    BalasHapus
  12. Penasaran saya, bentuk malaikat laut yg bertubuh kasyari itu seperti apa ... Ada gambarnya ga ?

    BalasHapus
  13. artikel yang menarik gan.. kunjungin ane ya? jangan lupa komentar :)

    BalasHapus
  14. wah tumben yah ..,,, biasanya ttng abu nawas . heheh

    nice post bro :)

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum...
    Aku baru tau juga kisah ini walo memang tau bahwa malaikat Allah ada banyak sekali.

    BalasHapus
  16. Wahhhh betah nih berlama-lama di blognya sobat ceritanya bagus-bagus.

    BalasHapus
  17. baru dengar saya sob cerita tentang malaikat ini dan abu nawas,,, hehehe seru juga ceritanya sob,,,,

    BalasHapus
  18. salam hangat sob...." dah lama g berkunjung. ketinggalan banyak dongeng nich.
    kunjung balik sob. ada tips terbaru.

    BalasHapus
  19. berkunjung kawan
    met beraktifitas aja

    BalasHapus
  20. tasbihnya malaikat laut itu begimana gan.. coba di jelaskan.. :)

    BalasHapus
  21. wow,,baru tau jg nih Tentang Malaikat penjaga laut,,

    BalasHapus
  22. makin lengkap neh dengan selingan cerita renungan selain kisah2 Abu Nawas yg jg tidak kalah menarik,,

    BalasHapus
  23. wih bagus, minta ya artikelnya bro :)

    BalasHapus
  24. pikiran lagi puyeng , saya berkunjung kesini,jadi legah sekarang

    BalasHapus
  25. Lama nie sudah tidak berkunjung akibat processor rusak .. :D

    BalasHapus
  26. kereeenn ceritanya...
    semakin mantep dan banyak memperdalam tentang agama saya tercinta ini :)

    BalasHapus
  27. Thanks infonya sob.. Semakin menambah wawasan kita.

    BalasHapus
  28. malaikat itu dalam pemahaman kepercayaan tradisional mungkin para dewa kali ya?

    BalasHapus
  29. Sebagai Buat bahan renungan kita mas :)

    BalasHapus
  30. koleksi cerita abu nawasnya banyak banget. emang punya koleksinya pak? bagus2 lagi

    BalasHapus
  31. Assalamu'alaikum....
    Baca lagi sambil menanti kisah2 barunya.

    Semoga sehat selalu dan Allah memberkahi nggeh Kang Abu......

    BalasHapus
  32. apakah kisah di atas tanpa rekayasa ... kug saya melihat banyak kejanggalan di cerita itu :)

    BalasHapus
  33. inspiring story..thanks

    salam blogwalking

    BalasHapus
  34. jad ke ingat masa kecil suka baca2 cerita Abu nawas
    silahkan berkunjung, bagi yang ingin mengetahui dunia arsitektur

    BalasHapus

No Spam, Please!!!
Tak Ada Moderasi, No Verification Word